Tik tok adalah salah satu aplikasi hiburan yang di sana kita bisa melihat karya karya dari mancanegara melalui video singkat, terkadang video yang di upload oleh pengguna tiktok akan lebih cepat viral ketimbang video yang ada di youtube, banyak sekali aplikasi yang mulai meniru tiktok. contoh nya saja seperti instagram reals dan youtube short dua aplikasi ini ingin meniru gaya dari tiktok dengan menampilkan video dengan waktu yang singkat dengan rata rata durasi 60 sampai 120 detik, tapi karena audiens tiktok sangat besar hal ini tidak mempengaruhi aplikasi ini, melainkan malah menunjukan eksistensi nya yang mengeluarkan fitur baru yaitu TIKTOK SHOP.
Menurut matamaya.id dengan judul artikel Tik Tok Shop: Pengertian, Cara Membuat, Tips Berjualan, dan Cara Belanja, tiktok shop adalah platform social e-commerce yang memungkinkan penjual untuk menawarkan produknya ke pengguna TikTok secara langsung. Penjual maupun kreator dapat menjual produknya melalui in-feed videos, LIVEs, dan tab katalog produk. Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis. dan untuk melakukan seperti ini hanya memerlukan followers 1000 dan kalian bisa melakukan live, dan banyak lagi cara nya orang berjualan menggunakan tiktok shop, salah satu nya adalah dengan cara affiliate,Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang yang bertugas sebagai affiliate akan mendapatkan sejumlah komisi setelah berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).jadi penjual tidak perlu memiliki barang nya hanya perlu satu sampel dan mereka bisa menjual produk nya dengan mudah, sangat sederhana kan, tapi hal ini membuat impek yang sangat besar yaitu, tiktok shop bisa mengalahkan e-commerce yang sudah ada lebih dulu.
kenapa bisa begitu ? karena pengguna tik tok sangat banyak dan ketika kita menscrolling konten terkadang ada konten creator yang menyisipkan produk affiliate nya yang di patok nya harga sangat miring ketimbang e-commerce lain nya, bahkan walaupun harganya sama dengan e-commerce sebelah tapi karena terbalut dengan konten yang unik dan juga gaya promosi yang bagus juga dan didukung dengan discount dari tiktok itu sendiri, membuat orang orang langsung ingin membeli nya, impake nya bagi penjual sangat tinggi dengan ada nya tiktok shop ini,malah banyak sekali penjual yang dulu nya offline pindah haluan menjadi pedagang online, begitupun penjual yang sudah lama online di aplikasi e-commerce sebelah pindah haluan dan fokus dengan aplikasi tiktok shop, ini membuktikan bahwa tiktok shop sangat overpowering terhadap bisnis di era digital ini bahkan bisa menggeser aplikasi e-commerce yang sudah ada terlebih dahulu. apakah ini berdampak positif atau malah menjadi negatif ?. semua itu kembali kepada perspektif anda sendiri dengan adanya kemajuan teknologi ini, apakah anda ingin menerima nya atau anda ingin menolak nya, itu kembali lagi kepada pribadi dan pemikiran anda masing masing.