Bandung,12 September 2022 – Fresh Veggies Shop atau Fresh Ve-shop berdiri karena melihat adanya disparitas harga sayur dan buah di tingkat petani sebagai produsen dengan konsumen.Selain itu, lingkungan sekitar saya yang notabennya adalah pedesaan dimana sumber penghasilan utamanya adalah dari hasil petani, baik petani padi, sayur dan buah.
Seperti yang kita ketahui juga, banyaknya mata rantai disribusi yang harus dilalui dari produsen ke konsumen telah menjadi masalah dalam perniagaan produk pertanian juga. Tingginya harga sayur dan buah di tingkat konsumen kadang tak bisa di rasakan petani sebagi produsennya.
Selain itu, pola konsumsi masyarakat yang berubah begitu cepat ketika pandemi kemarin, salah satunya belanja online. Belanja online ini berkembang pesat dalam satu dekade terakhir ini, dan setiap perkembangan itu mau tidak mau harus kita lalui bahkan ditingkatkan. Bahkan kita harus mengikuti perkembangan teknologi yang memungkinkan kita untuk beberapa tahun kedepan. Segala bentuk pekerjaan dan aktivitas manusia akan dipengaruhi teknologi.
Fresh Veggies shop ini muncul pada tahun 2020, kemudian benar-benar meraup pasar pada awal tahun 2022 dan masih dalam keadaan belanja online. Adapun target pasarnya saat ini masih mencakupi satu wilayah yang ditarget adalah wilayah sekitar Lombok. Namun untuk 5 sampai 6 tahun kedepan targetnya adalah seluruh wilayah di Indoensia dengan berbagai sistem yang akan dijalankan. Adapaun usia pelanggan adalah mulai dari yang 15 – 50 tahun, asalkan yang sudah mengerti jual beli online, yang sudah bisa melakukan jual beli online. Namun target utamanya adalah petani sayur yang ingin memasarkan hasilnya, toko-toko atau market sayur, penjual makanan, dan sebagainya.
Adapun beberapa fakta dari Fresh veggies shop ini yaitu :
1. Platform Fresh veggies shop memakai konseop form to table
Didirikan pada 2020 oleh Eptina Fatmawati, Fresh veggies shop, memakai konsep bisnis farm-to-table. Konsep ini memungkinkan konsumen bisa memperoleh berbagai sayur dan buah segar berkualitas langsung dari petani dan produsen lokal.
Ide ini muncul saat Eptina melihat fakta dilingkungan sekitarnya yang bermasalah dengan berbincang dengan sulitnya mereka dalam mengakses konsumen secara langsung. Sekalipun kalau ada, harganya tidak sebanding dengan yang ada dikota-kota besar. Hal ini membuat mereka sulit menjual hasil panen sehingga banyak produk yang terbuang begitu saja.
Dengan menghubungkan langsung antara konsumen dengan petani, Fresh veggies shop punya peran dalam menjaga produktivitas petani.
2. Membantu Petani
Dengan adanya platform portal jual beli online, tentunya memberikan kemudahan untuk konsumen dan produsen dalam membeli atau menjual produknya. Dengan mendaftarkan toko di marketplace Fresh veggies shop ini, petani bisa dengan mudah menjual produknya secara langsung selain masuk ke pasar-pasar tradisional di lingkungan sekitar. Begitupun bagi konsumen, yang mendapatkan kemudahan dalam mengakses sayur, buah dan keperluan dapur tanpa harus keluar rumah. Karena Fresh veggies shop ini melayani maksimal pengantaran 24 jam.
- Jadi investasi internasional
Fresh veggies shop menjadi salah satu dari startup yang paling baru di negara yang bergerak dibidang organik. Startup yang fokus pada layanan pesanantar sayur dan buah segar. Sehingga menjadi salah satu investasi untuk negara.
4. Ekpansi ke luar pulau
Kepercayaan dan dukungan yang diakui negara membuat Fresh veggies shop ini menjadi berencana mempercepat pertumbuhan supplychain di wilayah luar pulau, yang awalnya hanya di sekitar pulau lombok.
5. Fresh Ve-shop tawarkan lebih dari 1.000 produk
Produk utama yang dijual di Fresh Veggies Shop adalah buah dan sayuran segar. Tapi ternyata platform digital ini juga menawarkan lebih dari 1.000 produk makanan seperti bumbu dapur, ikan, ayam, hingga daging merah. Artinya, Fresh Veggies shop ini tidak hanya menjual sayuran atau buah, tapi juga produk makanan yang bervariasi seiring perkembangan perusahaan itu.
Dalam proses penjualan, Fresh Veggies shop ini akan menyipakan sistem logistik dari petani kepada konsumen untuk pengantar dengan cepat.Namun terlebih dari itu, fresh veggies shop ini memiliki tantangan dalam mengembangkan platformnya. Salah satunya adalah meyakinkan petani untuk ikut dalam ekosistem Fresh veggies shop Selain sebagai sistem pengepul sudah mengakar sejak lama, kendala lainnya juga karena kesulitan petani dalam menggunakan teknologi dalam transaksi jual-beli. Apalagi, tidak semua petani memiliki smartphone. Oleh karena itu, Fresh veggies shop pun mengambil jalur insentif alternatif, seperti dengan mengedukasi konsumen untuk membeli langsung produk dari petani.Adapaun cara mengenalkan platform ini adalah dengan melalui iklan instagram, youtube, tiktok dan endorse artis atau selebgram terkenal dan melalui testimoni.